SEMARANG, Kabarjateng.id – Momentum libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (5/9/2025), dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata religi.
Dampaknya, sejumlah stasiun di wilayah Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mencatat lonjakan signifikan kedatangan penumpang kereta api.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan bahwa peningkatan kedatangan penumpang terlihat jelas di stasiun-stasiun yang berada dekat dengan pusat ziarah maupun masjid bersejarah.
“Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Pekalongan, Tegal, hingga Cepu mengalami kenaikan kedatangan antara 29 hingga 115 persen,” jelasnya.
Detail Peningkatan Kedatangan Penumpang
- Stasiun Semarang Tawang & Semarang Poncol
Kedua stasiun ini berdekatan dengan destinasi utama seperti Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Masjid Layur, dan Masjid Kauman. Pada Jumat (5/9), Stasiun Semarang Tawang mencatat 9.352 kedatangan penumpang atau naik 114% dibanding pekan sebelumnya (4.352 penumpang). Sementara itu, Stasiun Poncol mencatat kenaikan 54%. - Stasiun Pekalongan
Kota Pekalongan yang dikenal dengan wisata religi makam Habib Hasyim bin Umar bin Thoha bin Yahya juga mengalami peningkatan kunjungan. Jumlah penumpang yang turun di Stasiun Pekalongan mencapai 3.060 orang, naik 70% dibanding Jumat sebelumnya yang hanya 1.792 orang. - Stasiun Tegal
Dengan destinasi populer seperti Masjid Agung Tegal dan Makam Ki Gede Sebayu, Stasiun Tegal mencatat 3.744 kedatangan, atau naik 61% dari minggu lalu yang hanya 2.324 orang. - Stasiun Cepu
Stasiun ini yang dekat dengan makam Sunan Pojok dan Syekh Abdul Qohar juga menunjukkan peningkatan kedatangan penumpang sebesar 29%. Tercatat ada 1.000 penumpang yang turun pada Jumat (5/9), naik dari 774 penumpang di pekan sebelumnya.
Franoto mengimbau masyarakat untuk selalu datang lebih awal ke stasiun, mengikuti arahan petugas, serta menjaga ketertiban demi kenyamanan bersama.
Ia juga mengingatkan agar calon penumpang segera memesan tiket perjalanan.
“Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket, segera lakukan pembelian agar tidak kehabisan. Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Access by KAI. Informasi ketersediaan tiket juga bisa diperoleh melalui Contact Center KAI 121 atau WhatsApp di 0811-2223-3121,” pungkasnya. (day)
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.