Menu

Mode Gelap
 

Headline · 15 Mei 2025 18:01 WIB · Waktu Baca

Makin Mudah dan Cepat! KAI Daop 4 Semarang Hadirkan Loket Box Digital di Enam Stasiun


					Makin Mudah dan Cepat! KAI Daop 4 Semarang Hadirkan Loket Box Digital di Enam Stasiun Perbesar

SEMARANG, Kabarjateng.id – Dalam upaya mendukung kemudahan layanan, dan digitalisasi keberlanjutan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menghadirkan Loket Box, sebuah perangkat layanan mandiri berbasis digital yang kini telah tersedia di enam stasiun utama wilayah Daop 4 Semarang, yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, dan Pemalang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan bahwa Loket Box merupakan inovasi layanan yang memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan berbagai transaksi secara mandiri, cepat, dan efisien tanpa perlu antre di loket stasiun.

“Loket Box ini memberikan pengalaman baru yang praktis dan modern bagi pelanggan kereta api. Cukup melalui layar sentuh, berbagai kebutuhan perjalanan bisa dilakukan dalam satu tempat. Tidak perlu lagi repot antre di loket, semua bisa dilakukan secara mandiri,” ujarnya.

Fitur-Fitur Utama Loket Box

Melalui Loket Box, pelanggan dapat mengakses sembilan menu utama, antara lain:

1. Cetak Boarding Pass – Untuk penumpang yang telah membeli tiket secara online.

2. Pemesanan Tiket KA Antar Kota, KA Lokal, dan KA Bandara

3. Pembatalan Tiket

4. Perubahan Jadwal (Reschedule)

5. Tambah Data Infant (Bayi)

6. Cek Kode Booking

7. Informasi Jadwal dan Layanan KA

Setiap transaksi dilengkapi dengan panduan yang jelas serta dapat dilakukan dalam hitungan menit. Loket Box juga terhubung langsung ke sistem pusat KAI, sehingga data dan transaksi dijamin akurat dan real-time.

Cara Mengakses

Pelanggan cukup memilih menu yang diinginkan di layar sentuh Loket Box, memasukkan data yang dibutuhkan (seperti kode booking atau identitas), lalu mengikuti instruksi yang ditampilkan.

Untuk pembelian tiket, pembayaran dapat dilakukan melalui metode digital yang tertera, atau dilanjutkan di kanal pembayaran lainnya sesuai pilihan pengguna.

Loket Box memungkinkan pelanggan untuk memesan tiket mulai dari H-45 hingga 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pelanggan yang ingin merencanakan maupun melakukan perjalanan secara mendadak, tanpa perlu mengantre di loket.

Mendukung Digitalisasi dan Keberlanjutan

Hadirnya Loket Box merupakan bagian dari komitmen KAI dalam mewujudkan pelayanan yang ramah lingkungan dan minim penggunaan kertas (paperless).

“Kami ingin mendorong peralihan ke layanan digital yang lebih efisien dan berkelanjutan, sejalan dengan semangat green transportation,” tambahnya.

Dengan kehadiran Loket Box ini, KAI berharap masyarakat semakin nyaman dan mudah dalam mengakses layanan kereta api.

“Kami terus berinovasi agar pelayanan KAI makin relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital,” tutup Franoto. (day)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Wagub Jateng Minta Tiga Fokus: Jateng Bijak, Jateng Makmur, Jateng Nyaman

15 Mei 2025 - 18:35 WIB

Gubernur Ahmad Luthfi Resmikan Layanan PET Scan Pertama di Jateng, Masyarakat Tidak Perlu Jauh-jauh ke Singapura

15 Mei 2025 - 18:08 WIB

Buka Rapat Perdana LANDLAB, Menteri Nusron Dorong Kebijakan Pertanahan dan Bank Tanah yang Berbasis Data dan Jangka Panjang

15 Mei 2025 - 10:24 WIB

Bawaslu Kota Semarang Jajaki Kerja Sama Strategis dengan Pemerintah Kota Semarang

14 Mei 2025 - 21:44 WIB

Kartu BRT Gratis dari Agustina-Iswar Disambut Antusias, Annisa: Ringankan Beban Orang Tua

14 Mei 2025 - 18:56 WIB

Trending di Headline